Hai sahabat, hari ini pertama kalinya training di perusahaan yang saya masuki. Rasanya senang campur capek mengikutinya. Tapi beberapa harapan dari penjelasan yang diberikan oleh trainer softskill membuat saya jadi lebih termotivasi. Di awal saya kira akan cepat karena harinya saja hari sabtu, dan hari pertama. Menurut saya akan berlangsung dengan cepat, palin hanya model verifikasi dan perkenalan (kebiasaan dosen di kampus dulu). Tapi, ternyata langsung materi dan post test.
Di saat pertama berkumpul lampu kuning langsung berbunyi. Berhubungan dengan jadwal masuk. Jadi, walaupun training, kita juga harus ketat. Jika kita masuknya terlambat, maka kita bisa dikeluarkan dari proses training. Secara logika, kalau masih training aja udah telat apa lagi nanti masuk kerja, Ya kan? jangan sampai molor terus.
Lalu di jelaskan beberapa aturan yang tidak boleh dilakukan pada saat di dalam kelas. Hmm.. salah satu yang paling tegas juga adalah "No Cheating"... It must!!
Setelah waktu berjalan, mulai dari sesi perkenalan diri, hingga beberapa penjelasan tentang trainer yang melatih kami, ada sambutan bagian management kepada angkatan kami. Beliau menyambut kami berharap kami bisa memberikan performa yang baik bagi layanan Garuda Indonesia. Jangan menyepelekan atau sembrono dalam melayani customer. Karena pelayanan dari GI ini ingin menjadi pelayanan terbaik di Indonesia.
Di Training yang pertama ini dijelaskan pertama mengenai kisah orang sukses dimana mereka tidak dengan masa lalu yang indah dalam hidup mereka. Namun karena pilihan yang mereka ambil dan tekad yang kuat dalam menjalaninya mereka menjadi orang-orang yang sukses bahkan menjadi penemu.
Inti dari pertemuan yang pertama ini mendorong kami semua selaku para peserta training untuk memiliki motivasi yang kuat ingin menjadi orang yang sukses. Tulisan dan perkataan kita tidak semudah dengan apa yang kita lakukan. Semuanya butuh perjuangan dan pantang menyerah. Beberapa pola juga di masukkan agar membuat kita sadar bahwa siklus pola itu memang terjadi. Tetapi tetapi tergantung apakah kita mau melakukannya atau tidak. Jika tidak ada tindakan maka semuanya sia-sia.
Quote saya siang itu adalah:
"HARAPAN AKAN ADA, JIKA KAMU BERTINDAK"
Ya, karena motto di atas juga berasal dari pengalaman real saya. Saya belum menjadi orang yang positif dan bertindak. Namun, proses demi proses saya alami, membuat saya harus belajar positif dan pantang menyerah. Pertama, saya tau dari melihat, mendengar, membaca. Tetapi bagaimana itu bisa menjadi pengalaman, karena itu terjadi di dalam hidup saya. Menurut saya, apa yang terjadi dalam hidup saya tidak lepas dari pengaturan Tuhan. Jadi, semuanya ini membawa saya belajar bersandarkan Tuhan saya agar pengalaman yang saya miliki ini sesuai dengan perintah-Nya.
Beberapa penjelasan mengenai cara berbicara juga diberikan. Mulai dari Greeting, Pengetahuan kode daerah, Spelling, dan urutan yang harus di lakukan dalam menjawab call dari customer. Untuk reservasi. Semuanya berlangsung dengan lancar dan kamu harus belajar mencoba langsung reservasi tiket melalui call center. Belajar mendengarkan dan memperhatikan bagaimana mereka menjelaskan dan urutan-urutannya.
Saya jadi ingat, ada tugas untuk mengerjakan hal itu. Yaudah sampai di sini saja perjumpaan kita.
Semoga sukses....
0 komentar:
Posting Komentar